Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Soeharto Menjaring Matahari

Judul: Soeharto Menjaring Matahari
Penulis: Zaim Saidi
Penerbit: Mizan, 1998
Tebal: 248 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Terjual Semarang

Kabut... Pekat, hitam berarak menyelimuti matahari. Aku dan semua yang ada di sekelilingmu merangkak, menggapai dalam gelap... Roda zaman menggilas kita...

Penggalan syair Ebiet G. Ade dalam lagu "Menjaring Matahari" di atas melukiskan dengan kuat kondisi bangsa kita hari-hari ini. Buku Soeharto Menjaring Matahari karya seorang aktivis gigih LSM, yang semula merupakan tesis S-2-nya di bidang Public Affair, University Sidney, dan kemudian dikembangkan menjadi buku menarik yang kaya akan data baru dan aktual ini memang tak hendak membahas syair tersebut. Inilah buku pertama, setelah Soeharto jatuh, yang mencoba menjelaskan secara atraktif dan komprehensif tarik-ulur reformasi ekonomi, khususnya dalam kurun lima belas tahun terakhir kekuasaannya.

Pada dekade 1980-an dunia memang dilanda krisis. Negara-negara komunis runtuh, negara maju goyah, dan negara berkembang banyak yang bangkrut. Semua negara dipaksa bereaksi atas external shock yang sulit itu, dan melakukan reformasi. Tak terkecuali Indonesia.

Belasan paket kebijakan, gelombang demi gelombang deregulasi, di sektor investasi, perdagangan, kelembagaan, keuangan dan pajak, telah dikeluarkan. Tapi, apa hasilnya?

Mengapa proses seperti itu membuahkan kesia-siaan? Adakah "kekuatan luar" yang mengendalikan, dan sekaligus memorakporandakan, sistem perekonomian kita? Bagaimana hal itu terjadi? Ataukah semua itu karena ulah rezim Soeharto sendiri? Di manakah posisi, dan sejauh mana peran, B.J. Habibie di masa lalu, kini, dan nanti?

Berlangganan via Email