Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Kredit Sindikasi: Proses Pembentukan dan Aspek Hukum

Judul: Kredit Sindikasi: Proses Pembentukan dan Aspek Hukum
Penulis: Prof. Dr. Sutan Remy Sjahdeini, SH.
Penerbit: Pustaka Utama Grafiti, 1997
Tebal: 181 Halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Terjual Jakarta


Sebagai salah satu lembaga yang bergerak dalam sektor keuangan, saat ini dan pada masa-masa mendatang, bank mempunyai arti penting bagi semua orang. Kesadaran akan pentingnya lembaga perbankan setidaknya dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah bank yang melonjak belakangan ini.

Bagi masyarakat, bank tidak saja dianggap sebagai lembaga keuangan yang mampu mengelola dana yang mereka simpan secara aman dan profesional, melainkan juga diharapkan bisa membantu mempermudah dalam membiayai usaha yang akan mereka kembangkan. Hal tersebut, menurut Gubernur Bank Indonesia (waktu itu) Soedradjad Djiwandono dalam sambutannya di buku ini, sejalan dengan meningkatnya volume dan jenis kegiatan perekonomian masyarakat kita. Maka kebutuhan pembiayaan yang diperlukan pun akan makin beragam dan terus meningkat, terutama dalam hal penyaluran kredit untuk pembiayaan investasi. Hal ini sejalan dengan laju pembangunan yang terus meningkat.

Pemberian atau penyaluran kredit oleh bank kepada nasabah memang bukanlah hal yang gampang untuk dilaksanakan. Berbagai prosedur dan aturan main harus diperhatikan, agar kegiatan usaha yang memperoleh pembiayaan dari bank tidak tergelincir pada kasus kredit macet atau bahkan manipulasi yang dilakukan si nasabah. Apalagi kalau nilai kredit yang diajukan nasabah bernilai besar dan digunakan untuk membiayai proyek usaha yang sangat besar pula.

Di sinilah keterampilan dan kemampuan daya analisis seorang bankir diuji, terutama menyangkut feasibilitas dan viabilitas kegiatan atau proyek yang akan dibiayai. Apalagi jika pembiayaan proyek melibatkan lebih dari satu lembaga pemberi kredit (kredit sindikasi). Dalam penanganan kredit sindikasi, seorang bankir dituntut penguasaannya dalam menangani pembentukan sindikasi kredit yang akan memberikan kredit.

Seluk-beluk proses kredit sindikasi inilah yang dicoba dipaparkan Sutan Remy Sjahdeini. Penulisan buku ini, menurut pakar perbankan itu, bermula dari rasa prihatin akan sedikitnya literatur berbahasa Indonesia yang membahas aspek hukum perbankan, yang sekaligus bisa dijadikan sebagai pegangan oleh para bankir, terutama yang mengkaji dari aspek hukum. Tapi penulis juga tak lupa membahas soal aspek teknis yang harus dijalankan seorang bankir. Sejauh menyangkut aspek hukum, kehadiran buku ini diharapkan bisa dijadikan sebagai acuan yuridis dalam menangani persoalan yang sewaktu-waktu muncul dalam pemberian kredit sindikasi.

Seringkali sindikasi perbankan yang memberikan kredit kesulitan dalam mencari acuan yuridis yang mesti diterapkan. Terbongkarnya megaskandal Eddy Tansil beberapa tahun lalu, misalnya, bisa ditunjuk sebagai salah satu kasus sulitnya mencari wilayah yang akan dipergunakan sebagai dasar acuan hukum. Juga kasus kredit macet yang banyak menimpa dunia perbankan dan akhirnya menimbulkan bank bermasalah.

Fajar W. Hermawan

Berlangganan via Email