Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Amir Sjarifoeddin: Tempatnya dalam Kekristenan dan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Judul: Amir Sjarifoeddin: Tempatnya dalam Kekristenan dan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Penulis: Frederiek Djara Wellem
Penerbit: Jala Permata Aksara, 2009
Tebal: 270 halaman
Kondisi: Bekas (Bagus)
Terjual Bandung


Semasa Orde Baru konstruksi sejarah Indonesia praktis menjadi milik penguasa. Penulisan dan penerbitan biografi para tokoh pejuang kemerdekaan yang dianggap mengancam otentisitas versi pemerintah dilarang. Demikian halnya dengan buku ini yang dulu pernah diterbitkan dengan pada tahun 1984 dengan judul Amir Sjarifoeddin: Pergumulan Imannya dalam Perjuangan Kemerdekaan.

Buku ini pada dasarnya adalah tesis penulis untuk gelar magister teologi pada Sekolah Tinggi Teologi Jakarta. Selain itu pelarangan juga terjadi pada majalah Prisma pada tahun 1982 ketika menerbitkan ringkasan biografi Amir Sjarifoeddin pada hari ulangtahunnya ke 75.

Dalam buku ini diuraikan siapakah tokoh Mr Amir Sjarifoeddin, bagaimana peranannya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia dan dalam mempertahankan kemerdekaan itu. Jabatan-jabatan apa yang pernah didudukinya, sebelum beliau ditembak mati pada 19 Desember 1948. Mengapa Amir jatuh ke dalam pelukan Muso dan mengadakan pemberontakan terhadap negara yang susah payah diperjuangkannya. Dibahas juga dalam buku ini perannya dalam kekristenan di Indonesia.

Berlangganan via Email