Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Pribumisasi Al-Qur’an: Tafsir Berwawasan Keindonesiaan

Judul: Pribumisasi Al-Qur’an: Tafsir Berwawasan Keindonesiaan
Penulis: Nurkholis Setiawan
Penerbit: Kaukaba Dipantara
Tebal: 260 Halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Harga: Rp. 45.000 (blm ongkir)
Order: SMS 085225918312


Hadirnya buku yang menganut pola kerja tafsir tematik ini dimaksudkan untuk menambah kekurangan literatur tafsir yang berwawasan keindonesiaan. Cara kerja tafsir tematik, yang sejatinya telah mulai banyak disumbangkan oleh beberapa sarjana masih perlu banyak ditambah untuk memperkaya khazanah sekaligus memenuhi hajat masyarakat Muslim Indonesia.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini bukanlah karya utuh dari satu tema besar layaknya hasil sebuah penelitian yang komplit. Karya ini adalah kumpulan tema-tema aktual kontemporer yang didekati dengan teks keagamaan. Pilihan tema yang beragam tentu bukan tanpa alasan, melainkan berdasarkan pertimbangan akan masih aktualnya tema tersebut untuk dibahas dengan model kerja tafsir tematik yang juga tidak kaku sebagaimana jamaknya. Tema yang diangkat diharapkan bisa menjadi pintu masuk bagi pengembangan diskursus keagamaan kontemporer, khususnya ranah tafsir al-Qur’an, terkait dengan konteks keindonesiaan.

Ada beberapa alasan akademis membawa konteks keindonesiaan dalam buku ini. Pertama, wacana tafsir teks keagamaan masih perlu banyak dibawa dalam konteks keindonesiaan, mengingat banyaknya persoalan kemasyarakatan yang memerlukan sentuhan tafsir. Kedua, galeri pemikiran keislaman dalam dasawarsa terakhir masih didominasi oleh pemikir impor akibat arus penerjemahan karya kesarjanaan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia yang menjamur. Ketiga, pemikiran keagamaan yang sesuai dengan konteks keindonesiaan sudah seharusnya lebih banyak dipromulgasikan. Keempat, Nusantara di masa lalu banyak melahirkan pemikir yang menggabungkan nilai-nilai keislaman dengan kearifan lokal dan pelbagai publikasi mereka, sehingga perlu ditiru dan dikembangkan.

Berlangganan via Email