Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Ibn Arabi Menghampiri Sang Mahakudus

Judul: Menghampiri Sang Mahakudus: Rahasia-rahasia Bersuci
Penulis: Ibn Arabi
Penerbit: Mizan, 2002
Tebal:260 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Stok Kosong


Dalam banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi Saw., dengan keras Tuhan mencela para pelaku agama yang tidak memahami makna-makna perintah agama yang mereka jalani. Ayat "Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu mereka yang lalai terhadap shalatnya" adalah contoh yang paling terkenal.

Lewat peringatan-peringatan seperti inilah kita semua disadarkan, betapa mendesaknya bukan hanya kebutuhan akan keniscayaan disiplin, melainkan juga kebutuhan akan pemahaman yang benar lagi mendalam tentang makna-makna ibadah yang kita jalani. Dan satu di antara segelintir orang yang mendalami makna-makna batiniah itu adalah Ibn Arabi, seorang sufi agung berjulukan Syaikh Al-Akbar.

Buku di tangan pembaca ini merupakan bab thaharah (bersuci) dari kitab termasyhur Al-Futuhat Al-Makkiyyah, karya Ibn Arabi. Di dalam buku tersebut, beliau memaparkan, pertama, ketentuan-ketentuan lahiriah hukum bersuci, semisal bagaimana kriteria air suci, bagaimana syarat/rukun membersihkan hadas besar dan hadas kecil.

Selanjutnya, penulis mengeksplorasi medan simantik -semacam khazanah makna yang dapat ditampung oleh sebuah kata dalam berbagai konteks- yang memancar dari setiap kata bahasa Arab yang termaktub di dalam ayat-ayat Al-Quran dan hadis Nabi ihwal bersuci ini. Lewat cara ini, Ibn Arabi menunjukkan adanya lapisan-lapisan makna amat kaya yang terkandung di dalam ketentuan-ketentuan syariat itu.

Akhirnya, sang Syaikh menunjukkan bahwa Allah Yang Mahakudus hanya mungkin dihampiri bukan hanya dengan kesucian jasmani, melainkan juga dengan kesucian perasaan, pikiran, dan hati sang hamba.