Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Ibn Arabi Menghampiri Sang Mahakudus

Judul: Menghampiri Sang Mahakudus: Rahasia-rahasia Bersuci
Penulis: Ibn Arabi
Penerbit: Mizan, 2002
Tebal:260 halaman
Kondisi: Bekas (bagus)
Stok Kosong


Dalam banyak ayat Al-Quran dan hadis Nabi Saw., dengan keras Tuhan mencela para pelaku agama yang tidak memahami makna-makna perintah agama yang mereka jalani. Ayat "Celakalah orang-orang yang shalat, yaitu mereka yang lalai terhadap shalatnya" adalah contoh yang paling terkenal.

Lewat peringatan-peringatan seperti inilah kita semua disadarkan, betapa mendesaknya bukan hanya kebutuhan akan keniscayaan disiplin, melainkan juga kebutuhan akan pemahaman yang benar lagi mendalam tentang makna-makna ibadah yang kita jalani. Dan satu di antara segelintir orang yang mendalami makna-makna batiniah itu adalah Ibn Arabi, seorang sufi agung berjulukan Syaikh Al-Akbar.

Buku di tangan pembaca ini merupakan bab thaharah (bersuci) dari kitab termasyhur Al-Futuhat Al-Makkiyyah, karya Ibn Arabi. Di dalam buku tersebut, beliau memaparkan, pertama, ketentuan-ketentuan lahiriah hukum bersuci, semisal bagaimana kriteria air suci, bagaimana syarat/rukun membersihkan hadas besar dan hadas kecil.

Selanjutnya, penulis mengeksplorasi medan simantik -semacam khazanah makna yang dapat ditampung oleh sebuah kata dalam berbagai konteks- yang memancar dari setiap kata bahasa Arab yang termaktub di dalam ayat-ayat Al-Quran dan hadis Nabi ihwal bersuci ini. Lewat cara ini, Ibn Arabi menunjukkan adanya lapisan-lapisan makna amat kaya yang terkandung di dalam ketentuan-ketentuan syariat itu.

Akhirnya, sang Syaikh menunjukkan bahwa Allah Yang Mahakudus hanya mungkin dihampiri bukan hanya dengan kesucian jasmani, melainkan juga dengan kesucian perasaan, pikiran, dan hati sang hamba.

Berlangganan via Email