Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Bunga Rampai Sastra Jawa Mutakhir

Judul: Bunga Rampai Sastra Jawa Mutakhir
Penulis: J.J. Ras
Penerbit: Grafitipers, 1985
Tebal: 457 halaman
Kondisi: Stok lama (bagus)
Terjual Gresik

Buku berbentuk bunga rampai ini berisi karya-karya pengarang Jawa megenai banyak sekali aspek kebudayaan Jawa. Misalnya tentang dukun, wanita ideal, hantu, cinta, lagu anak-anak atau yang berbentuk seni pertunjukan seperti ludruk, ketoprak dan wayang.

Karya sastra adalah salah satu hasil kebudayaan, yang senantiasa mengalami perubahan sesuai zaman, pun sastra Jawa. Sastra Jawa pada abad ke-20 telah menyerap unsur-unsur asing (terutama dari Barat) seperti novel, cerita pendek, sajak bebas dan lakon panggung modern. Tetapi hal ini tidak menghilangkan bentuk-bentuk dan tema-tema tradisional yang diwarisi dari zaman sebelumnya.

J.J. Ras memberikan sketsa tentang kelahiran dan perkembangan sastra Jawa modern, yang ternyata sejalan dengan kelahiran dan perkembangan sastra Indonesia modern. Buku berbentuk bunga rampai ini berisi karya-karya pengarang Jawa megenai banyak sekali aspek kebudayaan Jawa. Misalnya tentang dukun, wanita ideal, hantu, cinta, lagu anak-anak atau yang berbentuk seni pertunjukan seperti ludruk, ketoprak dan wayang. Sastrawan yang meramaikan dunia sastra pada masa itu antara lain Suparto Broto, Soebagijo I.N, Any Asmara, Hardjana H.P., St. Iesmaniasita, dan lain-lain.

Berbagai bentuk sastra modern yang hadir dalam sastra Jawa ini membuktikan bahwa bahasa dan kebudayaan Jawa hidup terus sebagai unsur penting dalam kebudayaan nasional Indonesia.

Berlangganan via Email