Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Menyegarkan Islam: Kajian Komprehensif atas Hidup dan Karya Muhammad Baqir Al-Shadr

Judul: Menyegarkan Islam: Kajian Komprehensif atas Hidup dan Karya Muhammad Baqir Al-Shadr
Penulis: Chibli Mallat
Penerbit: Mizan, 2001
Tebal: 362 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
WA 085225918312

Inilah kajian komprehensif pertama tentang kehidupan dan karya Muhammad Baqir Al-Shadr--seorang ulama Irak yang memberikan sumbangan penting terhadap pembaruan hukum dan politik Islam di Timur Tengah mutakhir. Syahid pada 1980, Shadr adalah pemikir paling fasih dan aktor politik utama dalam kebangkitan kembali ajaran Syi'ah, yang menempatkan Najaf di Irak sebagai pusatnya.

Dr. Chibli Mallat mengkaji secara mendalam perkembangan intelektual Shadr dan para sahabatnya, termasuk Ayatullah Ruhullah Al-Khomeini. Dia mempelajari bagaimana Shadr mereformasi sistem pendidikan agama dan mengembangkan pendekatan inovatif terhadap tema-tema kunci kajian hukum, ilmu ekonomi, dan perbankan. Pengarang menunjukkan, secara meyakinkan, bagaimana gagasan dan aktivitas Shadr berpengaruh dalam kebangkitan Islam secara politis di seluruh Timur Tengah--terutama di negara-negara dengan penerapan hukum Syi'ah yang ketat seperti Iran, Irak, dan Lebanon--serta menunjukkan peran penting Shadr dalam Revolusi Iran pada 1979.

Buku ini menunjukkan pula betapa pentingnya, secara terus-menerus, "menyegarkan" (baca: memperbarui) tampilan Islam sebagai fenomena religius, politik, dan sosial.

"Muhammad Baqir Al-Shadr adalah tokoh penting tidak hanya di Irak, tetapi juga dalam kehidupan Dunia Syi'ah, dan bahkan di Dunia Muslim secara keseluruhan."
Albert Hourani

"Tulisan-tulisan Muhammad Baqir Al-Shadr mengandung makna teologis dan filosofis sebab beliau adalah intelektual penting dalam kehidupan Islam kontemporer--satu figur yang karya-karyanya melampaui sekadar polemik dan retorika."
S.H. Nasr


Pesan Sekarang