Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Jalan Menuju Sosialisme Sedunia

Judul: Jalan Menuju Sosialisme Sedunia
Penulis: Edward Kardelj
Penerbit: Tarawang Press, 2001
Tebal: 260 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Harga: Rp. 50.000 (blm ongkir)
Order: SMS/WA 085225918312


Dalam segala hal, percobaan-percobaan tokoh-tokoh Cina yang tidak berhasil memaksakan marxisme ke arah acuan ideologi yang pragmatis yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan politik tertentu yang konkret, tidaklah begitu penting, karena akhirnya, mengulang ucapan-ucapan Marx yang sering dikutip, “manusia itu bukanlah sesuatu yang percaya pada dirinya sendiri, tetapi mereka percaya yang sebenarnya”.

Oleh karena itu ucapan itu juga berlaku bagi kaum komunis sebagaimana yang berlaku terhadap setiap makhluk lain yang sadar di muka bumi ini. Tetapi, bagaimanapun kaum komunis Cina mencoba untuk menyelubungi diri dengan jubah pembela-pembela Marxisme “sejati” dimana ideologi mereka berbicara tentang kenyataan-kenyataan sosiak dan masalah-masalah yang dihadapi.

Dan kami mempunyai pengertian-pengertian yang lebih besar tentang masalah-masalah itu daripada tentang “Marxisme” yang telah diperkecil oleh gembong-gembong Cina ke taraf seorang kuli paksa yang memikul segala beban yang timbul dan disebabkan oleh kampanye politik untuk merongrong sosialis Yugoslavia yang memuakkan itu.

Hal yang sudah pasti tidak bermaksud untuk mempersoalkan “Marxisme” siapakan yang lebih baik atau “lebih benar” yang dianut orang-orang Yugoslavia ataukah yang dianut orang-orang Cina atau ada Marxisme lain. Seperti setiap ilmu pengetahuan marxisme dapat dicapai oleh semua orang, tetapi sampai dimana setiap orang mempergunakan ilmu pengetahuan itu dalam prakteknya, tidak semata-mata tergantung pada hasratnya untuk menjadi seorang marxis.