Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Zahiya (Kafe yang Kosong)

Judul: Zahiya (Kafe yang Kosong)
Penulis: Najib Mahfoudz
Penerbit: Tarawang Press, 2000
Tebal: 184 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Terjual Bekasi


Kumpulan cerita pendek Zahiya (Kafe yang Kosong) (Tarawang Press, 2000) ini memuat 20 cerita yang dipilih dan diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh Denys Johnson-Daivies dalam The Time and the Place (and Other Stories) (Anchor Books, 1994). Di sini kita akan menemukan sebuah dunia yang asing, misterius, juga indah, kadang menyakitkan dan mengancam. Semuanya dituturkan Mahfouz dengan lancar, efektif, terkadang dengan repetisi yang signifikan.

Tema kisahnya berpusat pada sebuah dunia kecil di pojok kampung Kairo, ruang-ruang yang biasa saja dalam keseharian. Namun, hal-hal sederhana itu di tangannya menjadi sebuah kisah yang kuat, simbolik, dan secara kontekstual menyoroti masyarakat Mesir. Misalnya dalam ”Masuk Sekolah”. Cerpen ini menggambarkan bagaimana sebuah proses kehidupan itu berjalan hanya dalam tempo setengah hari.

Seorang bocah berangkat sekolah, belajar segala macam di sana, hingga akhirnya pulang, dan menemukan sebuah dunia yang sudah berubah dan membuatnya kebingungan, tak berani menyeberang jalan. Hingga seorang pemuda mendatanginya dan bilang ”Kek, mari kubantu menyeberang”.