Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Tingkah Laku Agama, Politik dan Ekonomi di Jawa

Judul: Tingkah Laku Agama, Politik dan Ekonomi di Jawa: Industri Rokok Kudus
Penulis: Lance Castles
Penerbit: Sinar Harapan, 1982
Tebal: 185 halaman
Harga: Buku bekas (cukup)
Terjual Karanganyar
 

Kudus Barat kepunyaan Masjumi. Kudus Timur milik PKI. Itulah gambaran keadaan kota Kudus pada tahun 1950-an, seperti yang dilukiskan Lance Castles dalam buku ini. Buku Tingkah Laku Agama, Politik dan Ekonomi di Jawa ini menguraikan pengaruh ketiga bidang kehidupan itu terhadap masyarakat Kudus dan segala akibatnya.

Castles sampai pada beberapa kesimpulan penting, setelah dua kali melakukan penelitian lapangan langsung. Pertama, keberhasilan golongan pedagang masyarakat santri di Kudus haruslah diakui. Mereka ini, menurut Castles, telah Menciptakan industri. Mereka juga telah berhasil melancarkan serentetan guncangan dan tantangan untuk mengubah kehidupan ekonomi dan politik. Kedua, Industri telah gagal dimekanisasi. Mungkin ini berhubungan dengan politik pemerintah dan serikat buruh yang mencegahnya, dengan mempertahankan mata pencaharian mereka. Ketiga, pengusaha-pengusaha Kudus hanya sedikit berhasil memajukan bentuk-bentuk organisasi ekonomi yang lebih kompleks daripada firma keluarga.

Dengan membaca buku ini mungkin kita bisa menghindari kesalahan dan kegagalan yang telah merugikan kita sebagai masyarakat atau bangsa, di masa lalu. Secara tidak langsung, Castles juga menunjukkan bahwa konflik antara pribumi dengan non-pribumi tidak perlu meledak, karena memang sama sekali tidak menguntungkan bahkan merugikan kedua belah pihak.

Buku ini merupakan bahan bacaan penting bagi masyarakat kalangan politik, ekonomi, mahasiswa ataupun awam. Juga bermanfaat bagi mereka, para pengambil dan pelaksana keputusan.

Berlangganan via Email