Jual Buku Tasawuf di Mata Kaum Sufi

Judul: Tasawuf di Mata Kaum Sufi
Penulis: William C. Chittick
Penerbit: Mizan, 2002
Tebal: 284 halaman
Kondisi: Bekas (cukup)
Stok Kosong


Islam, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis terkenal, terdiri atas tiga dimensi: islam, iman, dan ihsan. Ihsan disebutkan sebagai beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat Allah. Dimensi inilah yang merupakan akar tasawuf.

Akan tetapi, tasawuf sendiri menampilkan dirinya dalam berbagai wajah. Melalui Rumi, ia tampil sebagai puisi, tarian, dan musik mistik yang memukau. Di tangan Al-Ghazali, ia hadir sebagai ajaran-ajaran akhlak yang sarat tuntunan. Melalui Ibn 'Arabi, ia tersaji sebagai teks-teks yang amat kompleks, tetapi menyimpan daya pesona eksotik. Melalui Aththar, ia terbentang sebagai kisah pengembaraan spiritual yang amat menggairahkan dan menegangkan. Lewat Al-Hallaj, ia dikenang sebagai persembahan jiwa di tiang gantungan.

Melali Niffari, ia terbaca sebagai dialog akrab yang mengejutkan antara Tuhan dan hamba.

Oleh karena keanekaragaman tampakan itulah, sebagian besar orang menangkap gambarannya secara sepotong-sepotong, seperti mozaik dari kepingan-kepingan yang belum tersusun secara kompak.

Melalui buku ini, William C. Chittick -- seorang sarjana Barat yang telah lebih dari tiga puluh tahun mendalam tasawuf secara intens -- mencoba menghadirkan tasawuf secara utuh. Disusunnya mozaik-mozaik itu dalam hal ini, tema-tema kunci tasawuf yang diambilnya dari teks-teks asli karya para sufi terkemuka menjadi bentuk yang tersusuk apik dan padu. Dengan cara demikian, Chittick berusaha membiarkan tasawuf berbicara melalui juru bicara dan gaya bahasanya sendiri.

Dengan jelas, buku ini akan memaparkan:
1. sejarah perkembangan dan pertumbuhan tasawuf
2. ajaran-ajaran pokok tasawuf
3. watak spiritual dan mistikal yang ada pada musik dan tarian sufi
4. daya pikat dan daya gugah tulisan-tulisan sufi
5. keyakinan dan praktik tasawuf pada figur-figur sufi terkemuka
6. fenomena tasawuf di tengah kehidupan modern.

Berlangganan via Email