Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jual Buku Di Dalam Lembah Kehidupan

Judul: Di Dalam Lembah Kehidupan (kumpulan cerpen)
Penulis: Hamka
Penerbit: Bulan Bintang, 1983
Tebal: 204 halaman
Kondisi: Buku bekas (cukup)
Terjual Riau

Berisi 13 cerita pendek yang terdiri atas: Pasar Malam, Inyi Utih, Penjual Es Lilin, Anak Tinggal, Bunda Kandung, Gadis Basanai, Isteri Yang Tua, Anak yang Hilang, Malam Sekaten, Anak Dapat, Cinta dan darah, Disuruh meminta ampun, dan Dijemput Mamaknya.

Cerita-cerita yang bersinggungan dengan kehidupan pada masa hidup penulis. Namun tetap sarat makna untuk melihat sisi-sisi kehidupan yang sejatinya tidak berbeda jauh dengan kehidupan saat ini - kecuali hal-hal yang berbau artifiasial dalam hidup.

Persembahan yang ditulis Buya Hamka sebagai pengantar buku "Didalam Lembah Kehidupan" sebagai berikut:

Sesungguhnya kumpulan gubahan yang saya (HAMKA) beri bermanama "Didalam Lembah Kehidupan" ini adalah kumpulan air mata, kesedihan dan rintihan yang diderita oleh segolongan manusia di atas dunia ini. Air mata mereka itu sudah titik, telah mengalir ketanah dan hilang lenyapdalam pasir. Seorangpun tiada perduli akan hal itu. Baaimana orang akan perduli, padahal orang akan dirintang kesenangan dan kemewahan ?

Banyak orang mengarang dan mengubah bunga kehidupan yang mewah, melukiskan istana raja, putri yang kaya dan cantik, orang muda yang disayangi yah dan perkawinan yang berbahaya. maka tersenyumlah orang membaca cerita yang demikian,gembiralah hatinya. Pada hal dalam lembah yang dalam sekali,didalam jurang yang tidak ditempuh mereka itu,yaitu dalam lembah dan jurang kehidupan,adalah sekumpulan makhluk yang merintih. Tidak berapa orang yang mendengar rintihan itu - tidak tahu ....

Hanya Tuhan jua yang Mahatahu, Pengasih dan,sambil berkhidmat kepada bahasa ibuku. Akan tetapi saya datang kesana,sebab memang saya orang disana. Saya lihat air mata titik, saya lihat air mata itu diiringi oleh darah, maka saya susunlah penderitaan itu jadi gubahan untuk bangsa dan nusaku.

Berlangganan via Email